top of page

ADA DUGAAN KORUPSI, PROYEK Rehabilitasi Ruang Praktek Kejuruan SMKN 3 LHOKSEUMAWE

*ADA DUGAAN KORUPSI, PROYEK Rehabilitasi Ruang Praktek Kejuruan SMKN 3 LHOKSEUMAWE Dibangun secara Swakelola Mencapai 1 Miliyar Bersumber DAK FISIK 2023

LHOKSEUMAWE | Catur Prasetya News - Dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dinas pendidikan harus memaksimalkan untuk Pembangunan gedung sekolah yang layak dan aman ,maka bangunan gedung sekolah itu harus safety sebab menyangkut keselamatan nyawa siswa siswi SMKN 3 LHOKSEUMAWE hanya untuk menjaga hal hak yang tidak diinginkan semua .pihak terjadi apa lagi dapat menelan korban jiwa


Saat Tim Media ini mengunjungi Salah Satu pembangunan gedung sekolah SMKN 3 Lhokseumawe, Kecamatan Banda Sakti. Pusat Kota Lhokseumawe gedung sekolah yang di dominan gedung bertingkat 3 adalah salahsatunya sekolah Favorit dikota LHOKSEUMAWE.

Bantuan Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Aceh

Yakni Pembangunan Rehabilitasi Ruang Praktik Kejuruan Dengan Tingkat Kerusakan Minimal Sedang Beserta Perabotnya, bersumberkan DAK Fisik Tahun Anggaran 2023 dengan Menelan Anggaran mecapai Rp 1 Miliyar, Ruang Praktek Kejuruan yang lokasinya berada disalah satu gedung Utama tepatnya ruang tersebut berada dilantai 3.

Pembangunan yang dikerjakan Secara Swakelola oleh pihak Panitia Pembangunan Sekolah SMK Negeri 3 Lhokseumawe Yang saat ini dipimpin oleh Armiya, S.Pd., M.M. Dirinya resmi bertugas sejak tanggal 8 Januari 2020. Sebelumnya Armia bertugas menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKN 1 LHOKSEUMAWE yang bertugas Sekiranya pada tahun 2017 s/d 2020.

Mantan Kepsek SMK Negeri 1 Lhokseumawe Yang sempat Viral tahun 2017 yang lalu tepatnya Personel Polres Lhokseumawe Satgas Tim Saber Pungli Polres Lhokseumawe lakukan Penindakan OTT Pungli disekolah.


Armia yang juga sebagai Ketua Panitia Pembangunan Sekolah Kondisinya saat berita ini diturunkan dalam Keadaan Sakit Berat. kondisi Stroke menurut Informasi salah satu pegawai Tata usaha di SMKN 3 LHOKSEUMAWE, (9/9/23)


Sebagai Informasi SMKN 3 LHOKSEUMAWE berdasarkan Hasil Amatan kami data Kemendikbud DAPODIK sekolah tersebut Memiliki Tenaga Pendidik atau Guru Sebanyak 66 Orang, Saat ini siswanya mecapai 502 Orang yang terdiri dari Siswa Laki-laki 209 Orang, Siswa Perempuan 293 Orang.


Sekolah SMKN 3 LHOKSEUMAWE juga berkapasitas daya tampung Rombongan Belajar sebanyak 21 Ruang Kelas, Sekolah yang Dipimpin Armia ini mengaku bahwa Kepala sekolah saat sudah sangat jarang masuk sekolah lebih dari 3 Minggu dirinya tidak pernah mengunjungi sekolah, IRONISNYA Sekolah SMKN 3 LHOKSEUMAWE Hingga saat ini pelaksana tugas Harian pun tidak ada, sehingga menimbulkan dampak yang sangat Besar, khususnya dalam proses pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut.



Karena disebabkan Oleh Azas Praduga tak bersalah Pembangunan Rehabilitasi Ruang Praktek Kejuruan SMK Negeri 3 LHOKSEUMAWE yang menelan anggaran sebesar Satu Miliar, Hingga saat ini masih berjalan, Seiring perjalanan rentan waktu perkerjaan yang ditanda tangani dalam ikatan sebuah Kontrak kerja antra Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Panitia Pembangunan Sekolah (PPS) yang berdasarkan surat kontrak Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Aceh surat dinas Bernomor 004/SWAKELOLA/DAK-SMK/KT/DISDIK/2023 Ditanda tangani tanggal 03 JULI 2023.


Tim Pelaksana Swakelola Dak Fisik SMKN 3 LHOKSEUMAWE Tahun 2023 yang beralamat Jalan .H. T. Markam No. 36 Desa Pusong Baru Kec. Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Provinsi Aceh DISINYALIR Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan DAK FISIK 2023 Kesan Yang Tidak Transparan Dan Kepsek alias ketua Tim Swakelola SMKN 3 LHOKSEUMAWE yaitu saudara Armia dalam Kondisi kesehatan nya sakit yang lebih ironisnya susah dan sulit dihubungi serta juga Tidak ada Pengganti PLH Pejabat Pelaksana Tugas Harian.


Kegiatan Pembangunan sekolah saat ini banyak menimbulkan kesan kesan negatif dalam proses pelaksanaannya, Perkerjaan Swakelola yang diduga kuat terindikasi adanya korupsi alasan yang pertama yaitu Limit Waktu Pengerjaan kegiatan Oleh Tim Panitia Pembangunan pelaksanaan 180 Hari Kerja Itu merupakan salah satu rentang waktu diduga kuat Limit Waktu Yang terlalu Banyak menelan waktu .

hal ini berdasarkan Papan informasi Perkerjaan oleh Pelaksan. Perkerjaan Rehabilitasi Sekolah SMKN 3 LHOKSEUMAWE Berbeda seperti Pelaksana kegiatanya Sekolah yang juga saat ini sedang membangun sekolah yang bersumber DAK FISIK 2023.


Pembangunan Sekolah yang Lain waktu kerja 120 Hari. Perkerjaan Swakelola SMKN 3 LHOKSEUMAWE yang Terkesan Tertutup Rapat alias tidak transparan.

Sekolah yang Mengelola Secara Swakelola Menimbulkan Dugaan Dugan Negatif diantara nya pembangunan gedung sekolah tersebut diduga kuat Volume Pembangunan Tersebut dipertanyakan spesifikasi nya apakah sesuai atau tidak sesuai dengan RAB, hal ini memang patut dipertanyakan karena ada nya dugaan korupsi, dari segi konstruksi serta pondasi yang dikerjakan semuanya menimbulkan Kecurigaan atas Opini Negatif yang berkembang.

Karena untuk pembangunan gedung sekolah tersebut memakai uang negara yang dipungut dari pajak rakyat. Dikembalikan lagi kepada rakyat dalam bentuk pembangunan fisik, infrastruktur, seperti gedung sekolah tersebut. Maka jika ditemukan adanya penyimpangan /dugaan korupsi agar segera dilaporkan ke pihak Yang berwenang, baik Penyidik maupun Jaksa Penutut Umum diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam pengawasan dan Pemantauan secra khusus.


Semoga saja Para auditor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Cabang Provinsi Aceh agar diaudit, jika ditemukan indikasi segera mungkin dilakukan Penindakan serta Diadili.


Report By Chandra (13/9/23)

5 views0 comments
Post: Blog2_Post
bottom of page