top of page
  • Writer's pictureCatur Prasetya News

AMAT TONG SEBAGAI TOKOH MASYARAKAT HIMBAU PEMUDA GEUMPANG PIDIE JAUHI NARKOBA


AMAT TONG SEBAGAI TOKOH MASYARAKAT HIMBAU PEMUDA GEUMPANG JAUHI NARKOBA JUGA MEMINTA PEMUDA JAGA LINGKUNGAN. Report by Chandra

GEUMPANG | Catur Prasetya News - Salah Satu Tokoh Masyarakat Muhammad Syamaun Alias Amat Tong Meminta Para Pemuda Geumpang Kab Pidie.


Geumpang adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Pidie, Aceh, Indonesia.

Populasi Warga Masyarakat

1107.05 Jiwa dengan Luas

1.576,00 km²


Geumpang Suhu Iklimnya yang sejuk dengan curah hujan yang tinggi kualitas tanaman terbaik karena memiliki tanah yang subur. Memiliki hasil tambang seperti emas, biji besi dll. Di era 1970-an, wilayah ini merupakan daerah paling makmur di Aceh, dengan kopi robusta, liberika, padi (beras cantik manis) yang sangat legit, durian yang manis dan holtikultura lainnya.



Geumpang, merupakan kecamatan di Kabupaten Pidie yang terletak sekitar 95 Km² dari Kota Sigli Memakan Waktu 2 Jam 26 Menit Sementara dari Kota Banda Aceh Menempuh Jarak 194 Km² Menelan Waktu perjalanan 4 Jam 30 Menit. Geumpang dikenal sebagai daerah penghasil Emas dengan kualitas terbaik.

GEUMPANG dan TANGSE juga, yang pernah dijadikan pangkalan militer Belanda saat menggempur perlawanan para pejuang Aceh, merupakan daerah penghasil kopi robusta terbaik. Kopi telah ditanam petani sejak Belanda menancapkan kakinya di Aceh.


Untuk semua kelebihannya itu dan dengan anugrah wilayah yang kaya akan hasil tambang seperti biji besi dan emas, Geumpang dan Tangse pernah disebutkan sebagai wilayah paling makmur di Aceh. Bersama Mane dan Geumpang, yang juga nama kecamatan di Pidie, Tangse, Mane dan Geumpang identik dengan wilayah yang dipenuhi kandungan emas .


Namun, kegemilangan Tangse mulai pudar sejak 2011, ketika daerah ini mulai akrab dengan bencana alam: banjir bandang dan gempa. 10 Maret 2011, warga di Desa Blang Pandak, Blang Dalam, Desa Layan, Desa Peunalom 1, Krueng Meriam dan sebagian besar dessa lainnya panik setelah mendengar suara gemuruh dari hutan. Warga berhamburan keluar rumah setelah mengetahui suara itu merupakan terjangan air.


Akibat banjir bandang itu, 24 warga merenggang nyawa, 645 rumah warga rusak. Sejumlah fasilitas publik seperti sekolah dan sarana ibadah rusak parah. Belum selesai membangun rumah warga yang hancur karena banjir, 25 Februari 2012, Tangse kembali ke Thailand. Banjir bandang kembali menerjang 10 desa di kecamatan yang dulunya makmur itu. Diperkirakan, 26 orang hanyaut dan ribuan warga mengungsi.


Bencana belum berakhir. Selasa, 22 Oktober 2013, gempa berkekuatan 5,6 SR mengguncang Tangse. Bupati Pidie, Sarjani Abdullah dilokasi gempa saat itu mengatakan, gempa telah merusak ratusan rumah warga dan fasilitas umum lainnya di tiga kecamatan yaitu, Tangse, Geumpang, dan Mane. “Gempa telah merusak 368 rumah di 11 desa.”


AMAT TONG PEDULI GENERASI MUDA TERKAIT BAHAYA DAN DAMPAK NEGATIF NARKOBA BAGI KEHIDUPAN

NARKOBA yaitu singkatan dari Narkotika,Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya adalah bahan atau zat yang di masukkan dalam tubuh manusia,baik secara lisan atau di minum,dihirup,atau di suntikan pikiran atau perasaan hati dan juga orang lain . Narkoba dapat menimbulkan kesulitan (adiksi) fisik dan psikologis .

M. Syamaun adalah Putra Asli Kelahiran Geumpang kab. Pidie yang akrab disapa Amat Tong. sosoknya merupakan salah satu penguasa muda yang sukses yang dirintis sejak masih muda, ketika itu M.Syamaun Kerap Membuka tutup Kotak Penyimpanan (Tong) karena kerap membuka tutup Kotak Tong tersebut dirinya dipanggil Amat TONG


AMAT Tong Sebagai Salahsatu Tokoh Masyarakat di Kec Geumpang Kabupaten saat Dikonfirmasi Ditempat kerjanya (2/5/23) mengaku Khawatir kepada Prilaku Para Generasi Muda yang kian hari, kian banyak nya kasus narkoba di kalangan masyarakat terutama di kalangan para remaja yang dimana dalam masa serba ingin tahu, dan ingin melakukan hal-hal yang belum pernah di lakukannya.


Lanjut Amat Tong juga menjelaskan "Kebanyakan yang terjerat karena pergaulan yang terlalu bebas yang awalnya hanya coba-coba menjadi pecandu. Miris. Melihat remaja yang harusnya menikmati masa pertumbuhan nya malah harus merasakan kejam nya Narkoba yang perlahan lahan merusak kesehatan organ tubuhnya" Jelas Amat Tong.

Pengusaha Muda ini juga meminta kepada Pemuda Geumpang Untuk STOP NARKOBA "Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal" Harap M Syamaun


Amat Tong Menghimbau Pemuda Geumpang tetap Berkarya dan Berkreasi Bebas Narkoba. Terakhir M Syamaun juga Mengingatkan"Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang" Pungkas Amat Tong


REPORT BY CHANDRA 3/5/23

Post: Blog2_Post
bottom of page