top of page
  • Writer's pictureCatur Prasetya News

Polres Aceh Tengah Terkait Pengelolaan Keuangan Dapat Apresiasi Kemenkeu RI

Jakarta | Catur Prasetya News - sebuah Kebanggaan Bagi Kepolisian Daerah Aceh terhadap Kinerja pengelolaan keuangan negara oleh Polres Aceh Tengah layak dicontoh satuan kerja lainnya. Hal ini menjadi apresiasi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPN) yang bermarkas diGedung Prijadi Praptosuhardjo I Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4, Jakarta Pusat 10710.

sebagaimana yang diketahui dalam Penyampaian Data dan Penghargaan atas Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) TA 2022 Lingkup Kepolisian Negara RI

Laporan tersebut disampaikan kepada Kepala Pusat Keuangan POLRI.


Polda Aceh Meraih Peringkat kedua Tingkat Wilayah/Polda dengan nilai IKPA tertinggi Tahun Anggaran 2022 se indonesia dan Kepolisian Resor Aceh Tengah Meraih Peringkat Pertama pada Tingkat Satuan Kerja Kategori Pagu Sedang (satker dengan Pagu Rp25 Miliar sampai dengan Rp75 Miliar) dengan nilai IKPA tertinggi Tahun Anggaran 2022:


hal Sebagaimana disampaikan melalui Aplikasi OM-SPAN telah dilakukan penilaian capaian IKPA periode Tahun Anggaran 2022 untuk Polda/Wilayah dan satuan kerja lingkup Polri.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia berdasarkan Surat yang ditandatangani Direktur Direktorat Jenderal Perbendaharaan Direktur Pelaksanaan Anggaran Tri Budhianto, hal ini tertuang dalam Surat KEMENKEU DJPN Surat Nomor : S-7/PB/PB.2/2023 Prihal Penyampaian Data dan Penghargaan atas Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan

Anggaran (IKPA) TA 2022 Lingkup Kepolisian Negara RI Tanggal 20 Februari 2023


Direktur DJPN, Tri Budhianto dalam surat nya Menyebutkan Bahwa Dalam rangka memberikan apresiasi, khususnya kepada petugas pengelola keuangan pada satker tersebut

Salah satunya Piagam Penghargaan kepada 3 (tiga) Polda dengan predikat capaian IKPA terbaik periode Tahun Anggaran 2022 di tingkat wilayah, Polda Aceh meraih Peringkat Kedua dengan nilai IKPA 97, 48

Merupakan sebuah kebanggaan Masyarakat Aceh khususnya Kepada Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Ahmad Haydar yang telah membuktikan Dalam Manajemen Tata Kelola Yang Profesional, Faktanya Kepolisian Resor Aceh Tengah pun Turut mengharumkan Institusi Polri Masyarakat di Tanoh Gayo. Realitanya Polres Aceh Tengah termasuk Polres Terbaik Seluruh Indonesia hal ini disebabkan Polres Aceh Tengah meraih Peringkat Kedua dengan nilai IKPA 100 katagori Piagam Penghargaan Tingkat Satuan Kerja Kategori Pagu Sedang (satker dengan Pagu Rp25 Miliar sampai dengan Rp75 Miliar) dengan nilai IKPA tertinggi Tahun Anggaran 2022:


Terakhir Direktur DJPN, Tri Budhianto berharap Semoga pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan semangat dan kinerja dalam peningkatan kualitas pengelolaan keuangan serta peningkatan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada satuan kerja lingkup Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Direktur DJPN, juga mengapresiasi kinerja Polres Aceh Tengah dalam mengelola keuangan negara. “Kami mengucapkan selamat dan bangga kepada Polda Aceh dan Polres Aceh Tengah yang telah berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2022,” sebut Tri Budhianto dalam suratnya


Sementara itu, Kapolres Aceh Tengah AKBP Nurochman Nulhakim, S.I.K Melalui Kasi Humas Polres Aceh Tengah Akp. Zen Hasibuan mengatakan, penghargaan itu merupakan suatu kehormatan bagi bapak kapolres dan jajaran di Aceh Tengah.

“Tidak gampang evaluasi penilaiannya, karena kalau di bidang pengelolaan keuangan tidak mudah, sangat berhati-hati, transparan, akuntabel, apalagi menyangkut uang negara,” kata kapolres Aceh Tengah Kepada Kasi humas Polres Aceh Tengah.


Dengan adanya penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja, khususnya dalam mengelola keuangan negara di Polres Aceh Tengah.


Report by Chandra

Voice Over Lulu

Korespondensi Kasi Humas Polres Aceh Tengah,

Takengon 25 Februari 2023

Post: Blog2_Post
bottom of page